Sabtu, 16 Januari 2021

Sekilas Tentang Klinik Pratama Makmur Jaya



 
Apotik Makmur Jaya berdiri tahun 2007 dan Klinik Makmur Jaya berdiri Mei 2009, kemudian sejak tahun 2014 menjadi Rumah Bersalin dan Klinik Mamur Jaya dan  tahun 2019 berubah nama menjadi Klinik Pratama Makmur Jaya  -hingga saat ini berkembang usaha pelayanan menjadi 3 cabang di Kampung Utan Ciputat  -tahun 2010, Pocis Pamulang -tahun 2012, dan Jalan raya CegerPondok Aren - tahun 2015.

  Klinik Pratama  Makmur Jaya mempunyai Visi dan Misi  sebagai berkut; 

  1. Menjadi Klinik Pratama sebagai Penyedia Pelayanan Kesehatan (PPK) kesehatan tingkat pertama swasta yang melayani kesehatan ibu dan anak, ibu hamil dan persalinan normal, pengobatan dasar dan perawatan gigi dasar, pelayanan promosi-preventif -sosial kesehatan masyarakat dengan pendekatan yang empati/kasih sayang, berbasis biaya terjangkau dan murah-sesuai kemampuan sosial-ekonomi masyarakat serta ditunjang sistem pembiayaan asuransi kesehatan terutama melalui kerjasama dengan  BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja; 
  2. Menjadi Klinik Pratama terdepan dengan pendekatan dokter keluarga dalam melayani pasien rawat jalan dan rawat inap dasar tingkat pertama; 
  3. Menjadi Klinik Pratama  yang melayani rujukan  24 jam  bagi pasien yang memerlukan  pengobatan lanjutan dan perawatan ke RS rujukan.

Saat ini berjalan kedepan, Klinik Pratama Makmur Jaya di Kampung Utan,Ciputat siap melayani pasien selama 24 jam , Klinik Pratama Makmur Jaya  di Pocis Pamulang dan Pondok Aren -sejak Juni 2019 buka jam 07.00 - 19.00 yang sebelumnya 24 jam; untuk Pasien umum, BPJS Kesehatan, INHEALTH.
Jenis Pelayanan Pengobatan Dokter umum, Dokter gigi dan Ibu Hamil dan persalinan normal oleh Bidan, Perawatan pasien observasi dan tindakan dasar oleh perawat, pemeriksaan laboratorium dasar dan lengkap oleh analis laboratorium. Pemeriksaan penunjang dengan USG(ultrasonografi) untuk ibu hamil dan pasien umum. 

Suatu hal yang menggembirakan dan memudahkan bagi peserta ASURANSI Kesehatan adalah waktu pelayanan klinik dan apotik yang tidak terbatas- baik setiap hari kerja atau hari libur. Bila dahulu dibatasi pada jam tertentu dan harus antri lama, sekarang pasien atau masyarakat bisa lebih lenggang waktunya atau tidak terlalu antri. Selain itu pelayanan dokter jaga " Home visit service"(panggilan ke rumah).

Kerjasama klinik makmur jaya dengan Badan Penyelengara Jaminan Sosial(BPJS) kesehatan sejak 1 Januari 2014 dan BPJS ketenaga kerjaan sejak 1 Januari 2015 (dulu PT ASKES, JAMSOSTEK) merupakan terobosan baru yang dilakukan sebagai bentuk pro-pasien/peserta yang lebih baik dari sebelumnya. hal ini sesuai dengan visi dan misi dari Klinik Pratama Makmur Jaya -yang menjadikan pasien bukan sebagai objek tapi sebagai patner, subjek dalam sistem pelayanan kesehatan. diharapkan dengan interaksi klinik-pasien-asuransi lterjadi secara baik dengan dimensi timbal-balik, maka tujuan-masing masing dapat tercapai.arti sehat menjadi tidak sekedar mengobati yang sakit secara fisik, tetapi juga dalam arti psikis, sosial-ekonomi, sistem pengolahan kesehatan yang baik. mudah-mudahan klinik makmurjaya menjadi bagian dalam solusi kesehatan masyarakat seterusnya. amin

Kerjasama Pelayanan pasien BPJS dalam bentuk pelayanan dokter keluarga, dokter gigi dan apotik - menerima resep umum dan BPJS kesehatan, juga meliputi program lanjutan penyakit kronis (PROLANIS) untuk penyakit Hipertensi, Diabetes Melitus(DM), Jantung untuk pelayanan RB-klinik dan apotik. Pasien yang sudah sepuh tidak harus ke rumah sakit -antri mengambil obat tiap bulan, tetapi dapat mengambil obat di apotik makmur jaya kapan saja atau diantar kerumah pasien (delivery) - berdasarkan resep rujuk balik dari dokter spesialis RS. 

Pelayanan rawat inap dan persalinan ibu dapat kami berikan untuk kasus tingkat pertama seperti Tifoid, demam berdarah , kurang cairan karena diare, muntah-mual tidak mau makan dan ibu hamil bukan resiko tinggi(resti), selainan itu kami sudah dapat melayani pemeriksaan Laboratorium lengkap, darah rutin, kimia darah, urinalisa, widal test.

Setiap minggu  hari sabtu kegiatan  olah raga   senam jantung dan  diabetes  bagi masyarakat dipimpin oleh pelatih senam,  dan pertemuan klub Hipertensi dan DM setiap bulan dengan kegiatan pemeriksaan  darah, olah raga , konsultasi kesehatan dan penyuluhan kesehatan oleh  dokter,juga  kegiatan pengajian belajar mengaji dan khatam alquran setiap kamis bagi  ibu ibu dan anak yatim;  selain kegiatan  sosial lain  seperti  penyuluhan masyarakat dan sosialisasi tentang kesehatan dan asuransi kesehatan khususnya  BPJS  atas permintaan masyarakat...
 
Pada Era Pandemi Corona virus disease(covid)19 yang terjadi sejak timbul pertama kali  Desember tahun 2019 di Wuhan, Cina dan dinyatakan WHO sebagai Pandemi 12 Maret 2020, Klinik  Makmur Jaya sudah mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Kemudian penerapan New Normal era COVID 19, dengan tuntutan pemeriksaan deteksi laboratorium terhadap virus melalui  rapid test antigen dan PCR test bagi masyarakat yang berpergian atau ada kontak dengan penderita COVID 19, maka  klinik makmur  jaya melayani juga pemeriksaan laboratorium dengan layanan "Home care" - untuk mereka yang tidak dapat ke Klinik atau Rumah sakit.
 
Demikianlah sekilas   dari kami , terimakasih atas perhatiannya (admin).