Rabu, 27 Januari 2016

USG Bayi /Kehamilan dengan USG 2,3 4 DIMENSI


Kehamilan adalah saat yang istimewa dalam kehidupan seorang wanita. Pelayanan kami menyediakan kesempatan yang unik untuk dapat berhubungan dengan anak anda yang belum lahir, melalui foto/film bayi anda.

Pelayanan ini menggunakan ultrasonografi berteknologi tinggi yang mampu menghasilkan gambar 3 dimensi (foto) dan 4 dimensi (film). Hasil gambar tersebut akan dapat dilihat oleh anda dan keluarga pada saat pemeriksaan.
Pencitraan Ultrasonografi menggunakan gelombang bunyi frekuensi tinggi yang dinyatakan aman bagi ibu dan janin pada pemeriksaan saat kehamilan. Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG penting untuk menilai keadaan kandungan ibu dan janin. Yaitu menilai normal/tidaknya janin saat usia 18 - 23 minggu, posisi/letak janin usia 30 hingga 34 minggu, juga dapat dideteksi jika terjadi gangguan pertumbuhan, keadaan tali pusat dan plasenta, serta jumlah/volume air ketuban.

RB Klinik Makmur Jaya I memiliki alat USG 2 dimensi (2D), 3D dan 4D. Masing-masing jenis USG berbeda besar dimensinya, makin besar dimensi makin detil visual yang dihasilkan.

Dengan menggunakan USG 3D, Pada pengecekan USG 3 dimensi akan ditampilkan visual bayi yang detil, sehingga dapat dipahami oleh ibu/ayah dan anggota keluarga lain. Anatomi tubuh janin juga lebih jelas terlihat misalnya jenis kelamin janin, serta jika terdapat kelainan.

Pemindaian dengan USG 4D, visual yang ditampilkan semakin detil & jelas, serta dapat dinikmati gerakan janin dalam kandungan. Gambar yang ditampilkan USG 4D sangat jelas menyajikan gambar anggota tubuh dengan detil, misalnya jumlah jari, profil hidung. Juga kegiatan janin misalnya gerakan mengisap ibu jari, menguap, menggerakkan jari-jari. Pada pemeriksaan dengan USG 4D, pasien akan mendapat rekaman dalam bentuk CD.

Setiap pemeriksaan akan dapat melihat anatomi janin yang lebih jelas dibandingkan menggunakan USG 2D, khususnya wajah, tangan, kaki, dan jari-jari. Aktivitas bayi di dalam rahim juga akan dapat dilihat, misalnya saat janin sedang menghisap, menguap, atau memainkan jari.

Dengan pemeriksaan USG 3D/4D ini maka ikatan emosional antara orang tua dan janin sebelum lahir terbukti lebih kuat dibandingkan dengan pemeriksaan 2D, karena wajah bayi terlihat lebih nyata. Dengan ikatan yang lebih kuat ini maka perhatian sang ibu terhadap dirinya sendiri dan janin yang dikandungnya akan bertambah.

Kapan sebaiknya pemeriksaan dilakukan?
Pemeriksaan 3D/4D direkomendasikan untuk dilakukan pada kehamilan antara 22-32 minggu agar wajah bayi dapat ditangkap sebaik mungkin. Namun demikian pemeriksaan ini dapat dilakukan kapan pun di luar waktu tersebut.

Manfaat Klinis
Kami juga akan melakukan evaluasi klinis terhadap janin anda, termasuk keadaan umum dan posisi janin, kondisi plasenta dan tali pusat, air ketuban, pengukuran pertumbuhan, serta mengidentifikasi abnormalitas yang dapat diperiksa.

Beberapa informasi berharga dapat diperoleh agar janin anda dapat dilahirkan tanpa kesulitan, seperti adanya lilitan tali pusat, kondisi air ketuban, perkiraan berat lahir dan lain sebagainya.


Gray scale recolor. USG 3 DIMENSI,  by dr. Ayat Rahayu,Sp.Rad.M.Kes.,
RB&Klinik Makmur Jaya (KMJ I)



USG 3 DIMENSI,  by dr. Ayat Rahayu,Sp.Rad.M.Kes.,
RB&Klinik Makmur Jaya (KMJ I)
USG   3 DIMENSI,  by dr. Ayat Rahayu,Sp.Rad.M.Kes.,
RB&Klinik Makmur Jaya (KMJ I)


USG 3 DIMENSI,  by dr. Ayat Rahayu,Sp.Rad.M.Kes.,
RB&Klinik Makmur Jaya (KMJ I)



 USG 4 DIMENSI,  by dr. Ayat Rahayu,Sp.Rad.M.Kes.,
RB&Klinik Makmur Jaya (KMJ I)